Tuesday, October 06, 2009

Selamatkan postingan yang belum sempat di backup.

Dalam postingan kali ini saya hanya ingin memberikan sekedar informasiyang mungkin berguna bagi para blogger, tapi bagi yang suah mengetahui informasi ini harap menyebarkan kepada para blogger newbie yang mungkin belum tau tentang tehnik ini. Apakah anda pernah postingan anda terhapus atau link untuk postingan yang anda kasih sudah tidak ada lagi..?. Sebelum hal itu terjadi bagaimana kalau postingan-postingan yang sudah kita tulis susah payah kita backup terlebih dahulu!! mau tau caranya?? begini nie :
  1. Pastikan blog sudah terdaftar di feedburner. Login di feedburner. Klik judul blog untuk membuka statistik feed blog tersebut.
  2. Pilih menu Optimize setelah itu di menu kiri atas pilih menu XML Source. Copy kode XML source ini. Paste ke notepad. Save notepad dengan extensi dot xml.
  3. Buat account baru di blogger. Ciptakan sebuah blog. Pilih setting/pengaturan. Setelah itu pilih import blog.
  4. Upload file RSS yang di save dengan format dot xml tadi. Klik import.
  5. Setelah sukses, isi blog Anda sudah kembali.
  6. Jika memakai kustom domain, URL domain yang kita beli tidak bisa di pakai lagi untuk kustom domain di blogger. Solusinya pindah memakai jasa hosting. Dalam hal ini saya menggunakan layanan wordpress.org untuk manage blog.
  7. Setting DNS server domain Anda ke hosting Anda, gunakan Wordpress untuk manage blog Anda.
  8. Login ke Wordpress, Pilih menu manage di Wordpress, terus klik import. Pilih blogger. Masukan username dan password blogger Anda. Jika berhasil blog Anda yang digunakan untuk menampung hasil RSS di blogger akan muncul. Set sebagai author/admin. Save. Nah sekarang isi blog Anda telah berhasil diselamatkan..
Cara ini telah saya coba dan berhasil. Untuk blog yang berstatus blogspot, URL blog tidak akan terselamatkan karena telah di hapus Google. Sedang yang menggunakan kustom domain dan jika beralih menggunakan hosting, barangkali isi blog beserta URL bisa selamat. Hanya saja apakah URL post apalagi yang menyangkut paid review berubah alamat ore juga tidak tahu. Catatan :
  1. Jika Anda menggunakan layanan feed selain feedburner, cari saja xml source di layanan tersebut, kemudian ikuti langkah diatas.
  2. Kelemahan cara ini adalah hanya bisa menyelamatkan 25 postingan terakhir yang ada di RSS Feed.
  3. Jika ada yang tahu solusi agar semua postingan bisa dipindahkan mohon pencerahannya.
nah semoga bermanfaat ya.. selamat mencoba..

2 komentar:

yuliana said...

keren brthoer info'a,,,,

komen blk y.... :)

junkdiller said...

takyu brother..:D

Post a Comment

saran, komentar dan kritikan anda sangat berharga buat saya, terima kasih.