Saturday, April 11, 2009

Diskusi Melalui Mailing List di Internet

Abstrak Tulisan ini akan membahas alternatif media / sarana komunikasi yang banyak digunakan di Internet untuk bertukar informasi / pikiran. Mailing list merupakan bentuk dasar dari diskusi secara elektronik yang berbasis elektronik mail. Aplikasi mailing list dibentuk jauh sebelum Web menjadi populer & memenuhi traffic Internet seperti saat ini. Akan tetapi mailing list merupakan sarana yang sangat ampuh - bahkan menurut pengalamanan penulis lebih ampuh dari pada Web yang sifatnya lebih pasif.
Pendahuluan Pada dasarnya mailing list bekerja dengan konsep yang sangat sederhana, seorang pengguna cukup mengirimkan E-mail ke satu alamat E-mail untuk kemudian di sebarkan ke semua member mailing list yang tergabung / berlangganan ke alamat E-mail tersebut. Bayangkan bagi seorang yang sedang kesulitan masalah komputer kemudian mengirimkan pertanyaan melalui E-mail ke mailing list tempat berkumpul para hackers, dapat diharapkan bahwa kemungkinan satu-dua orang hackers mengetahui jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Akhirnya dengan segera solusi dari masalah yang dihadapi dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat (mungkin diperlukan beberapa jam). Mailing list beroperasi 24 jam tanpa henti sepanjang tahun, mari kita banyangkan bersama apa yang terjadi jika kita melakukan diskusi secara terus menerus tanpa henti :
  • Jika seseorang secara terus menerus secara serius dalam selang waktu yang lama (beberapa bulan bahkan tahun) - dapat diharapkan orang tersebut akan menjadi "ahli" dalam bidang yang didiskusikan tersebut. Artinya mailing list merupakan sebuah media effektif untuk proses pendidikan.
  • Proses marketing / public relation sebuah perusahaan / product pada dasarnya merupakan sebuah proses pendidikan dari customer / user / client. Berbeda barangkali dengan konsep-konsep PR yang umumnya ada saat ini yang lebih banyak bergantung pada media non-interaktif dengan sedikit seminar / workshop. Dengan adanya mailing list proses marketing & PR dapat dilakukan secara interaktif & terus-menerus tanpa henti selama 24 jam sepanjang tahun. Dapat dibayangkan bahwa dengan konsistensi PR seperti itu dapat diharapkan image & eksistensi perusahaan akan menjadi lebih kuat dimata client-nya. Tentunya nanti bagian PR usaha / product tsb. harus secara selektif memilih untuk aktif di mailing list tertentu yang sesuai dengan product yg dipasarkan.

Jelas disini bahwa mailing list merupakan media yang lebih bersifat interaktif & pro-aktif di bandingkan dengan Web yang biasa ada di Internet. Sifat ini menjadi kunci utama untuk memperkuat image & eksistensi seseorang / perusahaan di Internet secara keseluruhan. Konsekuensi yang harus di tempuh oleh orang / perusahaan yang akan menggunakan mailing list adalah harus dapat berinteraksi / meresponds secara cepat menggunakan E-mail, karena semua pengguna E-mail di Internet berharap agar responds dapat dilakukan secara cepat. Untuk itu dibutuhkan orang / staff yang ulet & konsisten untuk menjawab berbagai pertanyaan yang dapat - tidak jarang di berbagai aktifitas Internet - justru CEO / CIO yang akan turun langsung menjawab berbagai pertanyaan tersebut.

Beberapa Teknik Dasar Mailing List

Pada dasarnya ada dua jenis server mailing list, yaitu:

  • majordomo
  • listserv

Jenis ini dapat dikenali dengan mengirimkan mail ke server yang dimaksud dengan alamat majordomo@server atau listserv@server, contoh: majordomo@itb.ac.id

Di ITB kami menggunakan majordomo di UNIX yang memang lebih sederhana daripada listserv. Instalasi dilakukan oleh Arman dan Adnan Basalamah. Dengan majordomo tersebut, ITB pada saat merupakan host mailing list terbesar di Indonesia dengan diskusi yang meliputi beberapa kuliah di ITB, alumni ITB, berbagai teknik hingga kedokteran, ekonomi & pasar modal - pada saat tulisan ini ditulis jumlah diskusi yang ada di ITB telah melebihi 90 buah mailing list.

Majordomo & listserv merupakan server dari mailing list yang mengatur kerja mailing list terutama untuk berlangganan secara otomatis, pengambilan file dll. Daftar lengkap berbagai command dari majordomo & listserv terlampir pada tabel di bawah. Secara umum proses yang sering / akan terjadi adalah:

  • Seorang pengguna Internet akan mengirimkan E-mail ke majordomo@host_server. Misalnya: majordomo@itb.ac.id untuk berbagai operasi mailing list.
  • Untuk melihat daftar mailing list dengan cara, mengirim mail ke majordomo@itb.ac.id (misalnya) dengan isi berita : lists
  • Setelah daftar mailing list yang ada di server yang dimaksud (itb.ac.id) di peroleh, maka untuk berlangganan mailing list tertentu (misalnya pau-miko) kita cukup mengirimkan perintah: subscribe pau-mikro
  • Untuk melepaskan langganan, dapat dilakukan dengan mudah dengan perintah: unsubscribe

Tentunya masih banyak fasilitas lain yang diberikan oleh majordomo & listserv, terutama untuk memudahkan pengguna mengambil informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan mailing list tertentu secara elektronik. Misalnya berbagai file dapat disimpan di server untuk kemudian diambil menggunakan perintah "get".

Daftar Perintah Majordomo

Perintah
Keterangan
subscribe [
]
Subscribe anda (atau
yang diberikan) ke yang di inginkan.
unsubscribe [
]
Unsubscribe anda (atau
yang diberikan) ke yang di inginkan.
get Ambil file yang berhubungan dengan
index Ambil index dari file yang dapat di "get" dari
which [
]
Mencari tahu list mana saja anda (atau
jika diberitahukan) terdaftar.
who Mencari tahu siapa saja yang terdaftar pada
info Ambil informasi tentang
Lists Melihat list yang ada di Majordomo server
help HELP
end Stop processing commands

Daftar Command Listserv

Perintah
Keterangan
HELP HELP
HELP listname Informasi tentang
INDEX Daftar semua mailing list yang dapat di langgan.
LONGINDEX Seperti INDEX + deskripsi masing-masing.
ADD listname Sama dengan SUBSCRIBE listname
DELETE listname Sama dengan UNSUBSCRIBE listname
ADD address listname Sama dengan ADD di atas dengan [
] spesifik
DELETE address listname Sama dengan DELETE di atas dengan [
] spesifik
DELETE-ALL UNSUBSCRIBE-ALL dari semua mailing list.
DELETE-ALL address UNSUBSCRIBE-ALL untuk [
tertentu.
LIST Melihat mailing list mana saja kita terdaftar.
LIST address Melihat mailing list mana saja [
] terdaftar.
FAQ Daftar Frequently Asked Questions (FAQ) yang ada.
FAQ listname FAQ dari tertentu.

0 komentar:

Post a Comment

saran, komentar dan kritikan anda sangat berharga buat saya, terima kasih.